Minggu, 11 April 2021
1 2 3 4 5 6

POLITEKNIK NEGERI INDRAMAYU
Industrial Based Education
  • English
  • Francish
  • Search
    Dorong Akselerasi PTM, Pemerintah Umumkan SKB Empat Menteri

    Jakarta, 30 Maret 2021 --- Pemerintah umumkan Surat Keputusan Bersama (SKB) Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Menteri Kesehatan (Menkes), dan Menteri Agama (Menag) tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. Melalui keputusan bersama tersebut, pemerintah mendorong akselerasi pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas dengan tetap menjalankan protokol kesehatan yang ketat.
     
    SKB Empat Menteri yang diumumkan hari ini menggarisbawahi beberapa hal penting, antara lain, “setelah pendidik dan tenaga kependidikan di satuan pendidikan divaksinasi Covid-19 secara lengkap, pemerintah pusat, pemerintah daerah, kantor wilayah (kanwil), atau kantor Kementerian Agama (Kemenag) mewajibkan satuan pendidikan untuk menyediakan layanan pembelajaran tatap muka terbatas dengan tetap menerapkan protokol kesehatan dan pembelajaran jarak jauh,” jelas Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim secara daring di Jakarta, pada Selasa (30/03).

    Menurut Mendikbud, kewajiban bagi satuan pendidikan tersebut perlu dipenuhi karena orang tua atau wali berhak memilih bagi anaknya untuk melakukan pembelajaran tatap muka terbatas atau tetap melaksanakan pembelajaran jarak jauh.

    Lebih lanjut Mendikbud menjelaskan, satuan pendidikan wajib memenuhi daftar periksa sebelum memulai layanan pembelajaran tatap muka terbatas selambat-lambatnya tahun ajaran dan tahun akademik baru. Pembelajaran tatap muka terbatas dapat dikombinasikan dengan pembelajaran jarak jauh agar kesehatan dan keselamatan warga pendidikan dapat terus menjadi prioritas.
     
    Kepala satuan pendidikan, pemda, kantor dan/atau kanwil Kemenag wajib memantau pelaksanaan PTM terbatas. Jika terdapat kasus konfirmasi Covid-19, para pemangku wajib melakukan penanganan kasus dan dapat menghentikan sementara PTM terbatas di satuan pendidikan.
     
    Kepada kepala satuan pendidikan, Mendikbud mengimbau agar secara konsisten memberikan edukasi penerapan protokol kesehatan sebagai upaya membangun budaya disiplin di satuan pendidikan.
     
    Sementara itu, pemda melalui dinas pendidikan dan dinas kesehatan harus memastikan pemenuhan daftar periksa di setiap satuan pendidikan, memantau, dan mengevaluasi pelaksanaan PTM terbatas di satuan pendidikan. Kemudian, dinas perhubungan perlu memastikan adanya akses transportasi yang aman ke dan dari satuan pendidikan.
     
    Selanjutnya, pemda bersama dengan Satgas Covid-19 daerah melakukan testing jika ditemukan warga satuan pendidikan yang bergejala dan melakukan tracing jika ditemukan kasus konfirmasi positif. Serta, menutup sementara pembelajaran tatap muka terbatas ketika ditemukan kasus konfirmasi Covid-19. “Kedisiplinan dalam penerapan protokol kesehatan adalah kunci,” pungkas Mendikbud.

    Pemerintah Bersinergi untuk Mendorong PTM Terbatas

    Pada kesempatan yang sama Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengatakan pemberian vaksinasi terhadap PTK memberikan harapan baru dalam menyongsong era kebiasaan baru. “Program vaksinasi Covid-19 yang mulai dilaksanakan pada awal tahun 2021 ini memberikan harapan baru bagi kita semua untuk dapat segera menyongsong era kebiasaan baru dengan melakukan aktivitas seperti semula dengan tetap menerapkan disiplin protokol kesehatan,” ungkap Muhadjir.
     
    Untuk itu, Menko PMK mengapresiasi langkah Kemendikbud bersama kementerian lainnya untuk segera melaksanakan PTM dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan yang ketat. “Saya mengapresiasi rencana PTM terbatas yang telah dirancang dengan baik. Kesuksesan implementasi keputusan bersama Empat Menteri ini sangat bergantung pada komitmen kita untuk terus bersinergi dan menjalin koordinasi yang harmonis baik di tingkat pusat maupuan di tingkat daerah,” ujar Muhadjir.
     
    “Saya sangat mengharapkan pemda untuk melaksanakan keputusan Menteri ini dengan turut memberikan sosialisasi kepada satuan pendidikan yang berada di wilayahnya masing-masing,” tutup Muhadjir.
     
    Sementara itu, Menag Yaqut Cholil Qoumas menyambut baik SKB Empat Menteri dan berharap para peserta didik mampu untuk melakukan adaptasi kebiasaan baru dalam pembelajaran. “Kementerian Agama setuju dan mendukung pengumuman ini sepenuhnya, sehingga anak-anak kita dapat kembali ke kelas mereka bisa bermain bersama di lapangan bersama dengan teman-temannya dalam suasana yang riang dan gembira sehat dengan tetap terjaga dari penyebaran Covid-19,” disampaikan Menag.
     
    Menag juga mengajak seluruh warga satuan pendidikan untuk segera melakukan PTM terbatas dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. “Akhirnya mari kita laksanakan kebijakan penyelenggaraan pembelajaran pasca vaksinasi guru, dosen dan tenaga kependidikan di masa pandemi Covid-19 ini dengan menempatkan aspek kesehatan, keselamatan dan keamanan siswa sebagai aspek prioritas yang perlu diperhatikan dan dijunjung tinggi,” ujarnya.
     
    Senada dengan itu, Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi mendukung SKB Empat Menteri. Gunadi percaya bahwa sektor pendidikan yang harus terus berjalan merupakan investasi yang sangat penting untuk manusia Indonesia ke depan dan untuk ekonomi Indonesia ke depan. “Baik pendidikan ataupun kesehatan merupakan investasi yang penting bagi bangsa Indonesia. Jadi apapun keputusan yang kita buat sekarang harus melihat dampaknya untuk ke depan,” tutur Menkes.
     
    Kepada pemerintah daerah, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian menyampaikan, “melalui SKB Empat Menteri ini semua daerah dapat memahami dan membuat kebijakan yang benar dalam mengawasi dan melakukan evaluasi terhadap sistem pembelajaran yang tepat. Harapannya PTM terbatas akan dapat dilakukan secara menyeluruh pada waktunya nanti. Hal ini tentu lebih maksimal dibanding dengan sistem daring,” imbuh Mendagri.
     
    Mendagri menegaskan Kemendagri siap mendukung langkah-langkah dalam rangka pembukaan pembelajaran tatap muka secara bertahap dengan penuh kehati-hatian bersama dengan Kemendikbud, Kemenkes, Kemenag dan dukungan dari satgas Covid-19. “Semoga langkah-langkah ini proses pembelajaran dan sistem pendidikan kita lebih baik lagi untuk meghasilkan didikan yang betul-betul memiliki kekuatan untuk meningkatkan SDM yang produktif bagi bangsa Indonesia,” ujar Mendagri.

     


    Sumber : Siaran Pers Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor : 97/sipres/A6/III/2021

    Laman: kemdikbud.go.id



    Post by - Admin
    Tanggal - 30/03/2021
    Politeknik Indramayu 'Industrial Based Education'
    Berita Lainnya




    Kip Kuliah Merdeka: Akses Pendidikan Tinggi Semakin Merata Dan Berkualitas
    Dorong Akselerasi PTM, Pemerintah Umumkan SKB Empat Menteri
    Dorong Kreativitas Mahasiswa Vokasi, Kemendikbud Kembangkan Program Kreativitas Mahasiswa Tahun 2021
    Selamat Kepada Kontingen Politeknik Negeri Indramayu Dalam Ajang BIMAGE Competition Atas Capaiannya Meraih 4 Medali Emas, 3 Medali Perak, Dan 1 Medali Perunggu
    Pengumuman Hasil Seleksi Snmptn 2021
    Testimonial Alumni

    Nama saya IRWANTO alumni Teknik Pendingin POLINDRA, Saya mendapatakan tawaran dari dinas perikanan dan kelautan Prov. Jabar Sub Unit Cola Storage Karangsong Indramayu setelah mekasanakan PPI (Program Praktek Industri) Semester V di POLINDRA dan sampai sekarang saya masih bekerja ditempat tersebut.
    Nama saya TURYADI lulusan Teknik Mesin POLIDRA, sekarang saya bekerja sebagai Engineering Trainee di PT. MORITA TJOKRO GEARINDO. Salam Sukses.
    Bhayu Septian Jurusan Teknik Informatika, dengan mutu pendidikan yang berkualitas sehingga saya bisa bersaing di dunia kerja. sampai sekarang saya masih bekerja di ,,,, sebagai ,,,,.
    Saya Hadi Prayitno alumni POLINDRA jurusan Teknik Pendingin & Refrigerasi, saya bekerja sebagai Teknisi TP di POLINDRA mulai saya lulus sampai sekarang. teimakasih POLINDRA.
    Heru Hermawan dari jurusan Teknik Informatika POLINDRA, setelah lulus saya langsung sekarang bekerja sebagai Teknisi Jaringan di BANK Danamon Jakarta.

    Penerimaan Beasiswa Bidikmisi 2015

    Politeknik Negeri Indramayu memberikan kesempatan kepada putra putri terbaik...

    Live Youtube Webinar" Informasi Pendaftaran Kip-kuliah"
    Live Youtube "kupas Tuntas Informasi Pendaftaran Mahasiwa Baru Politeknik Negeri Indramayu 2021/2022"
    Informasi Snmptn 2021 Politeknik Negeri Indramayu

    All Agenda »

    Kalender Akademik Polindra 2013/2014

    Sehubungan akan dimulainya Tahun Akademik baru 2013/2014, dengan ini kami sampaikan bahwa Kalender Akademik dan Jadwal Kegiatan Akademik 2013/2014 bisa diunduh pada...

    Pengumuman Hasil Seleksi SNMPN 2021
    Penyelenggaran Pembelajaran Semester Genap Ta 2020/2021 Politeknik Negeri Indramayu
    Pengumuman Antisipasi Penyebaran Wabah Virus Covid-19

    All Pengumuman »

    Kontak Kami

    Jl. Raya Lohbener Lama No. 08 Indramayu 45252 Fax / Tlp. (0234) 5746464

    Follow Us

    Jurusan

    Link Terkait

    © 2010 - 2021 All Right Reserved SIM POLINDRA
    Politeknik Negeri Indramayu